Home Atraksi Wisata Melihat Sunrise dari 4 Titik Paling Oke di Kabupaten Bandung Barat

Melihat Sunrise dari 4 Titik Paling Oke di Kabupaten Bandung Barat

83
0

Kabupaten Bandung Barat merupakan sebuah kawasan administratif di Bandung raya yang membentang mulai dari daerah Lembang sampai Padalarang dengan mengelilingi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Wilayah ini populer karena destinasi wisata alamnya yang memukau. Dari banyak tempat wisata yang berada di daerah tersebut, ada beberapa tempat yang paling sering dikunjungi pada waktu pagi hari dikarenakan menyajikan pemandangan sunrise yang memukau. Oleh karena itu, kami mencoba merekomendasikan 4 titik paling oke untuk melihat sunrise di Kabupaten Bandung Barat.

1. Tebing Keraton

Semenjak mulai dibuka pada tahun 2014 lalu, sampai sekarang Tebing Keraton selalu menjadi destinasi wisata alam favorite di Bandung. Setiap paginya, kawasan ini tak pernah sepi dari pengunjung. Beberapa perubahan pun telah dilakukan pihak pengelola dengan menambahkan pagar serta memperhalus akses jalan di beberapa titik. Karena Tebing Keraton ini menghadap ke arah utara, maka di sini Anda dapat menikmati pemandangan saat matahari terbit dan terbenam dari sisi kiri dan kanan tebing. Untuk akses, anda dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat untuk mencapainya. Hanya saja untuk kendaraan roda empat, Anda hanya bisa menggunakannya sampai kawasan Warung bandrek. Untuk melanjutkan perjalanan, Anda dapat berjalan kaki ataupun menggunakan jasa ojek.

2. Gunung Batu

Tentunya Gunung Batu yang satu ini bukan merupakan nama sebuah jalan di kawasan Pasteur, Kota Bandung. Gunung Batu ini letaknya berada di wilayah Kecamatan Pagerwangi, Lembang. Untuk dapat mengaksesnya, Anda dapat menggunakan Jl. Raya Lembang dan melalui Pasar Lembang hingga menemui sebuah jalan bernama Jl. Bukanegara. Dari jalan masuk tersebut hanya sekitar 10 menit saja untuk mencapai Gunung Batu. Posisinya yang berada di samping jalan memudahkan Anda untuk mendakinya. Selain itu, karena arah dataran ini menghadap langsung ke arah timur, Anda dapat langsung melihat dengan jelas pemandangan saat matahari terbit.

Pemandangan dari atas Gunung Batu

3. Stone Garden

Stone Garden atau lebih dikenal warga dengan sebutan taman batu ini letaknya berada di kawasan Citatah. Anda dapat mencapainya dari pusat Kota Bandung dengan waktu tempuh hanya 1 jam perjalanan saja melalui Gerbang Tol Pasteur dan keluar di Gerbang Tol Padalarang. Keunikan Stone Garden ini adalah fossil terumbu karang yang berada di puncaknya. Hal ini membuktikan bahwa jutaan tahun yang lalu, kawasan ini masih merupakan dasar laut. Stone Garden sangat ideal dijadikan tempat untuk melihat matahari terbit dikarenakan pemandangan di puncaknya tak terhalang oleh banyak objek. Puncaknya sendiri memiliki ketinggian sekitar 900 MDPL.

Matahari Pagi di Stone Garden

4. Gunung Putri

Walaupun Gunung Putri ini memiliki ketinggian 1.450 MDPL, namun lokasinya cukup mudah dijangkau. Dari Jl. Raya Tangkuban Perahu, Anda cukup berkendara 15 menit saja untuk sampai di gerbang masuk. Sedangkan dari gerbang masuk menuju ke titik melihat matahari terbit pun hanya dibutuhkan waktu 15 menit saja berjalan kaki. Titik ini dinamakan “Geger Bintang Matahari. Bila Anda ingin mencari titik yang lebih tinggi, Anda dapat terus naik hingga mencapai Tugu Gunung Putri dengan waktu tempuh ditambah 10 menit dari lokasi Geger Bintang Matahari. Karena suhu udara di Gunung Putri ini cukup dingin, pada pagi hari akan muncul kabut yang cukup tebal menyelimuti pemandangan sekitar Gunung Putri, sehingga membuat puncaknya bagaikan sebuah negeri di atas awan.

Sunrise di Gunung Putri Lembang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here