Beranda Bandung Kota Melihat Rancangan Masa Depan Kota Bandung dari Bandung Planning Gallery

Melihat Rancangan Masa Depan Kota Bandung dari Bandung Planning Gallery

605

Semenjak beberapa tahun lalu, Kota Bandung telah mengalami banyak perubahan, terutama dari segi infrastruktur kota yang kini telah memiliki lebih banyak ruang publik untuk warga ataupun wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Tentunya pembangunan dan pengembangan kota ini tak berhenti sampai pengembangan ruang publik saja, berbagai macam agenda telah dipersiapkan pemerintah Kota Bandung untuk mengatasi berbagai macam permasalahan perkotaan. Untuk dapat langsung melihat rancangan masa depan kota Bandung, kini warga serta wisatawan dapat langsung melihatnya dari Bandung Planning Gallery.

Maket Kota Bandung

Bandung Planning Gallery tentunya tidak berisikan puluhan buku-buku tebal ataupun cetak biru yang membutuhkan waktu untuk dipahami, rancangan masa depan Kota Bandung ini dituangkan ke dalam maket serta aplikasi interaktif yang dapat diakses langsung oleh pengunjung. Di sini Anda dapat melihat rancangan pengembangan Bandung Teknopolis yang rencananya akan dibangun di kawasan Gedebage. Pusat pemerintahan Kota Bandung pun diwacanakan untuk pindah ke area tersebut, agar mengurangi beban pusat kota. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan ilustrasi sebagian koridor rencana Light Rail Transit dan kereta gantung di Bandung.

Di samping rancangan pembangunan infrastruktur, di Bandung Planning Gallery ini Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar konsep Smart City yang sedang dikembangkan Kota Bandung pada layar sentuh yang telah disediakan. Beberapa layar sentuh yang sudah diaktifkan di Bandung Planning Gallery ini juga berisikan data-data lengkap mengenai kondisi Bandung saat ini. Data-data tersebut mencakup jumlah penduduknya, jumlah fasilitas pendukung pariwisata, sarana olahraga, dan lain-lain.

Layar sentuh interaktif

Tak hanya menampilkan Bandung masa sekarang dan rancangan Bandung masa depan, Bandung Planning Gallery ini juga mengedukasi pengunjung mengenai Bandung masa lalu. Seperti yang umumnya orang telah ketahui bahwa Bandung ini sebelumnya merupakan sebuah danau besar yang terbentuk ratusan ribu tahun yang lalu. Cerita mengenai keberadaan Danau Bandung Purba ini kemudian dituangkan dalam sebuah video interaktif yang dapat dilihat pengunjung. Selain itu sebuah maket besar berukuran 1:500 pun tersedia di bagian tengah Bandung Planning Gallery ini. Maket ini menunjukkan bentuk cekungan Bandung yang kini mulai terisi oleh peradaban. Pada maket ini juga terdapat miniatur beberapa bangunan bersejarah serta bangunan lain yang kini menjadi landmark Kota Bandung. Posisi bangunan-bangunan tersebut ditunjukkan dengan lampu LED yang dipasang pada maket dan terhubung dengan panel tombol.

Selain dapat melihat apa yang dikerjakan oleh pemerintah dalam merancang Bandung, Anda juga dapat berpartisipasi memberikan sumbangsih saran di area aspirasi Bandung Planning Gallery. Anda dapat menuliskannya di secarik kertas yang ditempel di dinding ataupun memasukkan aspirasi melalui sebuah perangkat komputer yang disediakan.

Bandung Planning Gallery

Penasaran untuk mencoba melihat langsung ke dalam Bandung Planning Gallery? Bandung Planning Gallery sudah dapat dikunjungi sejak 25 Juli 2017 pada uji coba operasionalnya. Sedangkan peresmiannya nanti akan dilakukan oleh Bapak Walikota Bandung Ridwan Kamil pada 1 Agustus 2017. Lokasi Bandung Planning Gallery ini terletak di Jl. Aceh No.36 Bandung, tepatnya berada di belakang Kantor Walikota Bandung serta di samping Taman Sejarah Bandung. Untuk berkunjung, tidak dikenakan biaya sedikit pun, serta dapat dikunjungi setiap hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here