Beranda Belanja Melalui Pendekatan Modern, Rumah Batik Komar Kembangkan Kawasan Eduwisata Batik di Bandung

Melalui Pendekatan Modern, Rumah Batik Komar Kembangkan Kawasan Eduwisata Batik di Bandung

1485
Beberapa pengunjung sedang menyaksikan proses pengecapan batik di Rumah Batik Komar.
Belanja di toko YourBandung, kuy ^.^

Berbeda dengan Cirebon, Pekalongan, dan beberapa daerah lainnya di Jawa, Bandung memang bukan kota yang dikenal dengan kebudayaan batik. Walaupun begitu, bukan berarti Bandung tak memiliki tujuan wisata batik. Sejak tahun 1998, ada Rumah Batik Komar yang didirikan oleh Dr. H. Komarudin Kudiya yang kini telah menjadi tempat yang dituju wisatawan untuk berbelanja batik. Melalui pendekatan rancangan batik yang lebih modern, Rumah Batik Komar pun terus tumbuh dan mengembangkan kreasinya, serta mampu memiliki kawasan eduwisata batik sendiri di Bandung.

Untuk paket eduwisata ini, Rumah Batik Komar telah menyiapkan beberapa paket yang bisa dipilih peserta, mulai dari paket tour kunjungan saja, hingga paket pelatihan membatik. Paket-paket tersebut terbuka untuk umum, setiap hari senin-sabtu pada pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Bila Anda hanya ingin melihat saja proses membatik di sini, Anda bisa mengikuti Paket Kunjungan dengan membayar Rp20.000/orang. Sedangkan untuk dapat ikut belajar membatik, Rumah Batik Komar memiliki paket membatik dasar dengan durasi 2 jam, hingga paket membatik professional dengan durasi 8 jam selama 5 hari.

Harga paketnya pun tentu menyesuaikan dengan durasi dan benefit yang didapat. Contohnya bila mengambil paket membatik dasar, dengan harga Rp85.000/orang, maka pengunjung bisa sekaligus mempraktikkan membuat batik tulis, dan batik cap satu warna di sebuah sapu tangan yang bisa dibawa pulang. Lalu ada juga paket yang memberikan praktik membatik 4 warna di taplak meja dengan hitungan Rp750.000/hari. Sedang untuk Paket Professional, paketnya dihargai Rp4.000.0000/orang. Dalam paket ini, peserta mendapatkan materi yang disampaikan langsung oleh Bapak Komar, mendapatkan makan siang dan snack selama masa pendidikan, serta mendapatkan alat membatik serta sertifikat professional. Paket ini memang dirancang khusus bagi Anda yang ingin serius menekuni bisnis di bidang batik.

Inovasi Rumah Batik Komar tak hanya berhenti pada pembuatan konsep kawasan eduwisata batik. Semenjak beberapa tahun ke belakang, sebuah teknik membatik yang dikolaborasikan dengan teknik pelukisan kain dari Jepang bernama Shibori pun berhasil diciptakan. Kini gabungan dua teknik tersebut sudah didaftarkan Rumah Batik Komar ke Dirjen HAKI dengan nama Shibotik. Dalam Shibotik, kain yang telah melalui proses membatik kemudian diwarnai ulang dengan teknik Shibori yang metodenya cukup beragam, sehingga memunculkan motif unik yang bahkan tak dapat terprediksi oleh si pembuatnya.

Salah satu contoh hasil pewarnaan kain dengan teknik Shibotik.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar membatik di Rumah Batik Komar, Anda dapat langsung datang ke Jl. Cigadung Raya Timur 1 No. 5 atau melakukan reservasi terlebih dahulu melalui nomor 0822 1956 7230. Sangat disarankan untuk melakukan reservasi bila Anda datang secara rombongan. Selain di kawasan Cigadung, Rumah Batik Komar juga berada di Jl. Sumbawa No. 22. Hanya saja, di sini Anda hanya dapat berbelanja, karena untuk kawasan eduwisata hanya difokuskan di Rumah Batik Komar yang ada di Cigadung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here