Home Atraksi Wisata Kampung Warna Cibunut, Kampung Wisata yang Instagrammable di Bandung

Kampung Warna Cibunut, Kampung Wisata yang Instagrammable di Bandung

60
0

Bagi wisatawan zaman now, salah satu kriteria yang menjadikan sebuah tempat menarik untuk dikunjungi adalah instagrammable. Tak dapat dipungkiri, tempat-tempat yang memiliki daya tarik visual memang lebih mudah viral dan mengundang orang untuk datang. Bila sebelumnya ada Kampung Jodipan di Malang dan Kampung Pelangi di Semarang, kini Bandung juga memiliki Kampung Warna Cibunut yang resmi diperkenalkan pada senin (27/11) oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Kampung Cibunut

Proyek Kampung Warna Cibunut ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2010 lalu oleh para pemuda Karang Taruna Kampung Cibunut RW 07, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung. Namun baru pada tahun inilah akhirnya konsep kampung warna berhasil direalisasikan. Terwujudnya Kampung Warna Cibunut juga tak dapat dilepaskan oleh peran serta berbagai pihak yang terus memberikan dukungan, yakni dari Ikatan Alumni ITB Jawa Barat, Ikatan Alumni SMAN 3 Bandung Angkatan 1983, dan AzkoNobel Decorative Paints Indonesia.

Kampung Cibunut

Hal yang paling menarik dari Kampung Warna Cibunut ini adalah pembagian kampung menjadi 5 zona tema dengan warnanya masing-masing. Zona-zona tersebut meliputi zona world peace, local genius, environment in a playground, dan zona local culture. Dalam setiap zona terdapat mural-mural yang kemudian menggambarkan masing-masing tema. Selain indah secara estetik, warna-warna pada dinding rumah juga menandai wilayah administratif Rukun Tetangga (RT), sehingga akan memudahkan para tamu yang bertandang untuk mencari alamat rumah yang akan dikunjungi. Untuk pembuatan mural di Kampung Warna Cibunut, pengerjaan yang dilakukan Karang Taruna setempat juga dibantu oleh Komunitas Mural Bandung dan Gerakan Semangat Selalu Ikhlas (GSSI).

5 Zona Mural

Minat berkunjung ke Kampung Warna Cibunut? Anda dapat langsung mampir ke lokasi kampung ini yang jalan masuknya berada di pinggir Jl. Sunda, tepatnya di samping kedai Mie Kocok SKM. Kunjungan di kampung ini tidak berbayar alias gratis, tetapi jangan lupa untuk menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan sekitar.

Mural

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here