Beranda Belanja Jalan-jalan ke Bandung? Yuk, Mampir ke 16 Pusat Oleh-Oleh ini!

Jalan-jalan ke Bandung? Yuk, Mampir ke 16 Pusat Oleh-Oleh ini!

339
Gormeteria Bandung

Bandung, sebuah kota yang sejak dulu terkenal dengan kuliner lezatnya, keindahan alam di sekelilingnya, serta berbagai tempat yang sarat akan nilai sejarahnya. Tak heran bila kota yang dijuluki sebagai Parijs van Java ini selalu menjadi sebuah tempat istimewa bagi yang tinggal di dalamnya, maupun bagi yang pernah mengunjunginya. Dua abad lebih usia kota ini, tujuan wisatanya semakin beragam, begitupun jumlah wisatawan yang datang setiap minggunya. Bila Andda berkesempatan jalan-jalan ke Bandung, tentunya tak lengkap rasanya bila tak membawa pulang jajanan maupun souvenir khas sebagai tanda mata. Oleh karena itu, berikut ini kami coba merekomendasi 16 pusat oleh-oleh di Bandung untuk dikunjungi.

 

1. Gormeteria

Gormeteria berlokasi di Jl. Pasirkaliki No. 176, Bandung. Letaknya pun sangat strategis karena tak jauh dari Bandara Internasional Husein Sastranegara, serta berada di jalur menuju Gerbang Tol Pasteur. Gormeteria menjual aneka cemilan serta dessert lezat yang dapat menemani perjalanan pulang Anda. Tempatnya sendiri masih satu bangunan dengan rooftop café yang sedang hits, yakni Picknick Kaliki.

Baca juga: Picknick Kaliki, Café Rooftop Hits yang Asyik Buat Nongkrong di Bandung

 

2. Kartika Sari

Kartika Sari merupakan salah satu kuliner legendaris Bandung yang berjualan sejak tahun 1974. Awalnya, tempat ini dikenal dengan produk Pisang Bollennya yang lezat. Setelah sukses dengan bisnisnya, kini Kartika Sari memiliki berbagai varian produk yang dijual di enam cabangnya yang ada di Bandung. Alamat eenam cabang tersebut antara lain: Jl. H. Akbar No. 10 Kebon Kawung, Jl. Kebon Jukut No. 3C, Jl. Ir. H. Djuanda (Dago) No. 85, Jl. Buah Batu No. 165A, Jl. Terusan Jakarta No. 77E, Jl. Kopo Sayati No. 111A, dan Jl. Raya Timur No. 518 Cimahi.

 

3. Sari Sari

Sari Sari terletak di Jl. Sultan Tirtayasa No. 17, tak jauh dari kawasan Dago. Sejak dulu, Sari Sari dikenal sebagai pusat oleh-oleh yang menjual aneka jajanan pasar dengan lengkap. Harganya pun cukup terjangkau. Mulai dari Rp1.000, Anda sudah bisa mencicipi atau membawa pulang kue yang dijajakan di etalase. Di tempat ini juga terdapat area makan yang bisa dipakai oleh pengunjung untuk beristirahat dan mencoba kue-kue yang dibelinya.

Baca juga: Toko Kue Sari-Sari, Pusatnya Jajanan Tradisional di Bandung

Sari Sari Bandung

4. Prima Rasa

Berawal dari promosi mulut ke mulut, Prima Rasa yang berdiri sejak tahun 1992 ini kini telah memiliki lima cabang yang berada di Jl. Kemuning No. 20, Jl. Buah Batu No. 167A, Jl. Pasirkaliki No. 163, Jl. Purwakarta No. 95, Ruko Kopo Plaza Blok C-6 Jl. Peta. Untuk produk-produknya sendiri, Prima Rasa banyak menjual jenis kue dan pastry.

 

5. RasaLokal

RasaLokal merupakan bisnis pusat oleh-oleh yang dinisiasi pasangan selebrita Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia, serta fotografer ternama Rio Motret. Untuk saat ini, RasaLokal memiliki 3 cabang yang masing-masing berada di Bandung, Bali, dan Surabaya. Keistimewaan brand RasaLokal ini terletak pada varian produknya yang menyesuaikan dengan cita rasa lokal tempat cabang tersebut berada. Cabang RasaLokal Bandung sendiri beralamat di Jl. Dr. Cipto No. 14 dengan produk utama mereka yakni keripik cocol dan kacang disko. Selain menjual produk mandiri, RasaLokal Bandung juga menjual aneka cemilan khas Sunda lainnya di gerainya.

Baca juga: Tak Sekedar Menjual Cemilan, RasaLokal Hadirkan Toko Oleh-Oleh di Bandung dengan Konsep Unik

RasaLokal Bandung

6. Ujenk Mart

Pada dasarnya, Ujenk Mart ini menjual aneka kebutuhan sehari-hari yang merupakan hasil pertanian, perkebunan, dan peternakan. Kesegaran produk-produk yang dijualnya ini menjadi salah satu keunggulannya. Namun selain menjual produk-produk tersebut, Ujenk Mart yang berlokadi di Jl. Dr. Otten No. 1 ini juga menjual aneka makanan dan minuman kemasan lokal yang dapat dijadikan oleh-oleh saat pulang ke kota asal.

 

7. Rumah Mode

Sesuai dengan namanya, Rumah Mode menjual pakaian dengan berbagai mode terkini. Selain dirancang sebagai tempat berbelanja, desain tempatnya yang dibuat sangat nyaman untuk bersantai pun menjadi salah satu keistimewaannya. Di sini Anda bisa mendapati sebuah restoran yang dibuat dengan konsep foodcourt. Lalu ada juga pojok oleh-oleh yang menyediakan aneka kue dan makanan ringan lainnya. Rumah Mode beralamat di Jl. Dr. Setiabudhi No. 41, Bandung.

Rumah Mode Bandung

8. Setiabudhi Supermarket

Berbeda dengan supermarket lainnya, Setiabudhi Supermarket menjual banyak produk yang tak bisa ditemukan di tempat lain, baik produk lokal maupun produk impor. Selain itu, Setiabudhi Supermarket juga memiliki tempat makan berkonsep food court di lantai atasnya. Setiabudhi Supermarket beralamat di Jl. Dr. Setiabudhi No. 42-46.

 

9. Pasar Baru Trade Center

Pasar Baru Bandung merupakan pasar tertua di Bandung. Setelah mengalami perombakan besar-besaran dengan membangun sebuah bangunan modern, kini Pasar Baru semakin sering dikunjungi wisatawan untuk berbelanja. Untuk produknya sendiri, produk fashion menjadi salah satu produk unggulannya. Pasar Baru Trade Center beralamat di Jl. Oto Iskandar Dinata No. 70, Bandung.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Belanja Murah Meriah Berkualitas di Bandung!

10. Total Buah Segar

Walaupun namanya Total Buah Segar, namun tempat yang berada di Jl. Sultan Tirtayasa No. 22 ini tak berjualan buah. Total Buah Segar kini dikenal sebagai salah satu pusat oleh-oleh yang menjual aneka makanan dan minuman kemasan khas Bandung. Di sini Anda dapat membeli minuman tradisional bandrek ataupun secang yang dikemas dalam bentuk botol atau sachet.

 

11. Cupumanik

Cupumanik ini merupakan galeri seni yang menjual aneka kerajinan tangan tradisional khas Sunda. Namun dari keseluruhan benda yang dijualnya, wayang golek merupakan produk andalannya. Melalui wayang golek inilah, Cupumanik memulai bisnisnya, hingga produknya kini dikenal hingga ke berbagai negara di dunia. Galeri Seni Cupumanik terletak di Jl. H. Akbar No. 10, Bandung.

Baca juga: Cupumanik, Wayang Golek Bandung yang Menembus Daratan Asia dan Eropa

Galeri Seni Cupumanik Bandung

12. Mayasari

Mayasari menjual oleh-oleh kuliner yang berfokus pada produk bakery, cake & pastry. Karena jumlah gerainya yang cukup banyak, tak sulit untuk menemukannya di Bandung. Cabang-cabang Mayasari terletak di Jl. Kebon Kawung No. 22, Jl. Dr. Djundjunan (Pasteur) No. 155, Jl. Sukamukti No. 10, Jl Kebon Kawung (pintu Stasiun Kereta Api Bandung Utara), Jl. Surya Sumantri No. 63A, Bandung Trade Center Jl. Dr. Djundjunan (Pasteur) No. 143-146, Bandara Husein Sastranegara Jl. Pajajaran No. 156, serta Jl. Cihampelas No. 110.

 

13. Dago Bakery

Mengawali bisnis dengan nama Gloria Cake, kini Dago Bakery dikenal tak hanya sebagai toko yang menjual roti, cake dan pastry, namun juga pusat oleh-oleh serta tempat nongkrong yang asyik. Di Bandung sendiri Dago Bakery memiliki tiga cabang. Cabang pertamanya tentu saja terletak di kawasan Dago, tepatnya di Jl. Ir. H. Djuanda 497A. Cabang lainnya berada di Kawasan Wisata Punclut yang kini hits dengan bangunan mirip kastil Eropa. Selain kedua cabang tersebut, produk Dago Bakery juga dapat ditemui di salah satu toko yang beroperasi di Chinatown Bandung Jl. Kelenteng No. 41. Selain menjual roti dan pastry, Dago Bakery juga menjual aneka cemilan di setiap cabangnya. Khusus untuk cabang Kawasan Wisata Punclut, Dago Bakery juga beroperasi sebagai restoran.

Baca juga: Dago Bakery Punclut, Restoran dengan Nuansa Eropa Klasik di Dataran Tinggi Bandung

Baca juga: 6 Konsep Unik Kawasan Wisata Punclut Untuk Mengisi Waktu Santai di Bandung

Dago Bakery Punclut

14. Kawasan Cibaduyut

Sudah bukan rahasia bila kawasan Cibaduyut Bandung terkenal akan produk sepatu kulitnya. Bahkan ada tugu berbentuk sepatu di area masuk kawasan tersebut. Tak hanya sepatu, di sini Anda juga bisa membeli aneka produk kulit lainnya, seperti jaket, ikat pinggang, tas, dll.

 

15. Kawasan Cihampelas Bandung

Patung-patung berbentuk karakter superhero dan karakter fiksi lainnya menjadi ciri khas dari kawasan ini, mulai dari Rambo, Spiderman, hingga The Simpsons menghiasi setiap toko-toko yang berjualan pakaian tersebut. Bila musim liburan tiba, tak ayal kawasan ini akan sangat macet dipadati pengunjung. Selain menjual pakaian, beberapa toko lainnya ada pula yang menjual makanan ringan untuk oleh-oleh.

Baca juga: Jalan-Jalan dan Belanja di Skywalk Teras Cihampelas Bandung

Teras Cihampelas Bandung

16. Kawasan Jalan Riau

Nama jalan ini sebenarnya telah berganti menjadi Jl. L. L. R. E. Martadinata sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, nama Jalan Riau tetap lebih populer di kalangan wisatawan sebagai salah satu pusat perbelanjaan produk fashion di Bandung. Setiap memandang ke kiri dan kanan jalannya terdapat factory outlet yang tak pernah sepi dari pengunjung.

Baca juga: Wisata Shopping Jalan Riau, Bandung Berbenah

Jalan Riau Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here