Beranda Acara Ini Dia Agenda Acara Peringatan Konferensi Asia Afrika Ke-63 di Bandung

Ini Dia Agenda Acara Peringatan Konferensi Asia Afrika Ke-63 di Bandung

883
Foto: Asian African Carnival 2017

Ada yang berbeda bila Anda melintasi Jl. Asia Afrika pada pekan ke-3 April setiap tahunnya. Warna-warni bendera dari berbagai negara di Benua Asia dan Afrika akan nampak berkibar mengisi tiang-tiang di sekitar Gedung Merdeka yang sepanjang tahun dibiarkan kosong. Bendera-bendera tersebut biasanya dinaikkan setiap tanggal 18 April untuk menandai dimulainya pekan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA). Berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, acara peringatan KAA tahun ini akan berlangsung selama 13 hari, mulai tanggal 18 hingga 30 April 2018. Bagi Anda yang berencana mengikuti rangkaian acara Peringatan Konferensi Asia Afrika Ke-63, berikut ini kami tampilkan agenda acara lengkap dari event tahunan tersebut.

1. Upacara Pengibaran Bendera Negara Peserta Asia Afrika

Acara yang berlangsung pada Rabu (18/4) lalu ini melibatkan ratusan orang paskibra untuk mengibarkan 109 bendera negara peserta Asia Afrika dan satu bendera PBB. Selain pengibaran bendera, acara juga diisi dengan pertunjukan seni, serta historical walk yang dilakukan oleh para pejabat dan perwakilan negara-negara Asia dan Afrika.

2. Bandung Historical Study Games

Bandung Historical Study Games (BHSG) merupakan sebuah perlombaan yang menguji pengetahuan para pesertanya dengan berbagai tantangan mengenai pengetahuan sejarah. Rutenya perlombaannya sendiri akan membentang dari Gedung Dwi Warna di Jl. Diponegoro hingga Gedung Merdeka di Jl. Asia Afrika. Setiap pesertanya nanti akan dikelompokkan menjadi beberapa grup untuk menyelesaikan tantangan dan petunjuk yang diberikan dalam setiap pos. Acara ini akan berlangsung pada 21 April 2018.

3. Bincang-bincang bersama saksi sejarah

Acara yang akan menghadirkan tokoh dan orang-orang yang menjadi saksi sejarah KAA 1955 ini akan digelar di ruang utama Gedung Merdeka pada 23 April 2018.

4. Photo and Short Movie Competition

Dengan mengusung tema “respect for diversity”, lomba foto dan film pendek ini  diselenggarakan untuk membangkitkan rasa menghargai keberagaman budaya dan kehidupan sosial. Nilai-nilai tersebut tersirat dalam Dasasila Bandung yang menjadi semangat dari Konferensi Asia Afrika. Photo and Short Movie Competition telah berlangsung sejak tanggal 1 Maret hingga 15 April 2018. Hasil dari penyelenggaraan lomba tersebut nantinya akan dipamerkan pada tanggal 23-29 April 2018 di Braga Pendek.

5. International Students Gathering

International Students Gathering ini akan dilaksanakan pada 24 April 2018 di Ruang Utama Gedung Merdeka dengan peserta terbatas.

6. Youth Conference

Mengulang kejayaan dari Konferensi Asia Afrika 63 tahun lalu, kini semangat tersebut diteruskan sengan sebuah konferensi pemuda yang digelar pada 25-26 April 2018 pukul 10.00-15.00 WIB di El Royale Hotel Bandung. Dalam Youth Conference ini, pembahasan akan menitikberatkan pada dunia digital yang saat ini terus berkembang.

7. Jelajah Museum Asia Afrika Malam Hari

Acara jelajah museum yang akan dilaksanakan pada 27 April 2018 ini terbuka untuk pengunjung umum. Untuk reservasi kunjungan museum dapat dilakukan langsung ke Museum Asia Afrika atau dapat mengirimkan permohonan kunjungan ke reservasi.mkaa@kemlu.go.id.

8. Cultural and Tourism Expo

Cultural and Tourism Expo ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya, pariwisata, dan kuliner dari negara-negara peserta KAA. Nantinya, pengunjung dapat mampir ke booth peserta yang berada di Jl. Braga (pendek). Selama masa penyelenggaraan pada tanggal 27-29 April 2018, jalan ini akan tertutup untuk kendaraan bermotor.

Baca juga: Kahitna Sukses Hibur Pengunjung Asia Africa Week 2018 di Bandung

9. Asian African Carnival

Semenjak peringatan KAA pada tahun 2015, kini Asian African Carnival menjadi agenda rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Untuk tahun ini, Asian African Carnival akan digelar pada 28 April 2018 pada pukul 12 siang hingga pukul 11 malam. Selain karnaval, agenda tersebut juga akan dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni di panggung yang ditutup oleh penampilan dari grup musik Kahitna.

Baca juga: Asian African Carnival 2018 di Bandung Berlangsung Meriah!

10. Unity Run

Unity Run ini adalah program olahraga yang mengangkat penghargaan terhadap persatuan dari perbedaan yang ada pada setiap negara dan suku bangsa. Acara ini akan digelar pada 29 April 2018 dengan titik start dan finish di Jl. Asia Afrika. Kategorinya sendiri dibagi-bagi menjadi kategori umum, pelajar, professional dan anak-anak dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Unity Run Tutup Rangkaian Acara Asia Africa Week 2018 di Bandung

11. Upacara Penurunan Bendera Negara Peserta KAA

Rangkaian acara peringatan Konferensi Asia Afrika ke-63 kemudian akan ditutup pada 30 April 2018 dengan upacara penurunan bendera negara peserta KAA yang kembali melibatkan paskibra Kota Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here