Home Bandung Kota Ini Dia 5 Rumah Makan Sunda yang Paling Recommended di Bandung

Ini Dia 5 Rumah Makan Sunda yang Paling Recommended di Bandung

137
0

Masakan Sunda memiliki ciri khas yang membuatnya disukai oleh banyak orang. Salah satu cirinya terletak pada menu-menu olahan yang dibuat dari ragam sayuran segar serta aneka hidangan tumisan yang gurih. Selain itu, sambalnya yang terkenal sangat pedas dan mampu membangkitkan selera membuat masakan Sunda semakin digemari, baik oleh orang Sundanya sendiri ataupun wisatawan yang tengah berkunjung ke tanah Sunda. Kota Bandung yang dikenal sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat yang kuat budaya Sundanya tentunya memiliki beberapa rumah makan yang menghidangkan masakan Sunda terbaik, serta tempat yang nyaman. Berikut ini kami coba merangkumnya menjadi 5 rumah makan Sunda yang paling recommended di Bandung.

1. Warung Misbar

Warung Misbar ini letaknya sangat strategis karena berada di tengah-tengah kawasan pusat perbelanjaan distro dan FO di Jl. Riau Bandung. Di Warung Misbar ini beberapa poster artis legend dari tanah air dan dunia tampak menghiasi dinding. Selain itu perangkat makan jadul dengan coraknya yang khas dapat juga ditemukan di sini, membawa nuansa jadul makin terasa saat kita mampir dan makan di tempat ini, apalagi saat layar lebar yang dipasang di sini memutar film-film jadul Indonesia. Warung Misbar ini beralamat di Jl. L.L.R.E Martadinata No.28A Bandung.

2. Paviliun Sunda

Rumah Makan Sunda yang satu ini letaknya berada di kawasan Jl. Riau juga, tepatnya di Jl. L.L.RE Martadinata (Riau) No.97 Bandung. Keunikan dari Paviliun Sunda ini adalah atraksi open kitchen-nya yang dihadirkan untuk customer yang sedang menunggu pesanan. Untuk cara pemesanan makanannya, Paviliun Sunda menyediakan menu paketan, ala carte ataupun buffet. Bangunan rumah makannya sendiri dapat dibilang sangat menarik karena merupakan bangunan lama yang sudah ada sejak jaman pemerintahan Kolonial Belanda.

Paviliun Sunda

3. Sajian Sambara

Masakan Sunda itu memiliki sebuah keistimewaan. Rasa dari makanan akan terasa lebih nikmat apabila disantap bersama-sama. Menu ngariung yang dihidangkan langsung di atas daun ini sering disebut dengan nama bancakan atau balakecrakan. Anda dapat memesannya untuk acara khusus bersama sahabat atau keluarga di Sajian Sambara yang berlokasi di Jl. Trunojoyo No.64 Bandung. Sajian Sambara juga memiliki menu bulanan yang khusus hanya dapat dipesan pada bulan tersebut dan akan berganti pada bulan selanjutnya. Selain itu, Anda juga dapat membeli hidangan praktis pendamping nasi yang dikemas dalam wadah pakai ulang, Kreceg Kacang, Semur Jengkol, Kentang Mustofa dan Gulai daun Singkong.

Sajian Sambara

4. Dapoer Pandan Wangi

Dapoer Pandan Wangi ini memiliki dua area makan, area kursi meja dan area lesehan. Tempatnya cocok untuk menggelar reuni ataupun meeting santai. Di lantai 2 bangunannya pun disediakan 2 meeting room exclusive yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Meeting room yang paling besar dapat menampung sampai 50 orang. Untuk menu andalannya sendiri, Dapoer Pandan Wangi memiliki hidangan Terong Raos, Sop Ikan Kuah Merah dan Spaghetti Kampung. Anda juga dapat memesan Nasi Tumpeng Kuning ataupun Nasi Tumpeng Liwet yang cocok untuk merayakan atau memperingati hari istimewa. Dapoer Pandan Wangi kini telah memiliki 2 cabang di Bandung yang beralamat di Jl. Patuha No.38 dan Jl. Terusan Pasir Koja No.380 Bandung.

Dapoer Pandan Wangi

5. Kebon Awi Kaffee

Kebon Awi Kaffee ini letaknya di kawasan Dago Atas, Bandung. Karena berada di kawasan dataran tinggi, udara di tempat ini dan sekitarnya sangat menyegarkan, apalagi ditambah dengan kehadiran puluhan pohon bambu yang ditanam di area tersebut. Selain menyajikan masakan Sunda lezat, Kebon Awi Kaffee juga merupakan sebuah kawasan wisata edukasi yang mengajarkan serba serbi tentang jenis tanaman Bambu. Jumlah spesies yang ada di kawasan Kebon Awi Kaffee ini mencapai 25 jenis dengan keterangan lengkap di setiap pohonnya. Tempat yang disediakan kepada pengunjung pun sangat nyaman, hampir seluruhnya dibuat dalam bentuk saung-saung bambu yang beratapkan jerami. Kebon Awi Kaffee dapat dikunjungi di Jl. Bukit Pakar Timur No.29 Bandung.

Kebon Awi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here