Beranda Berita 7 Istilah Perhotelan Yang Patut Diketahui

7 Istilah Perhotelan Yang Patut Diketahui

1297
Hotel Preanger - YourBandung

Sudah menjadi suatu pengalaman tersendiri bagi kita semua untuk merasakan tinggal di sebuah hotel baik ketika kita sedang berlibur maupun sedang bekerja.

Terkadang kita sering mendengar bahasa baru yang kita jumpai pada saat ingin melakukan reservasi ataupun sedang menikmati fasilitas yang ada di hotel. Berikut adalah beberapa istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia perhotelan:

1. Group Rate

Pada saat kita melakukan reservasi, biasanya ada salah satu penawaran khusus dari pihak hotel untuk memberikan harga spesial ketika kita memesan kamar dengan jumlah tertentu. Tentunya kita sendiri juga dapat menanyakan harga spesial ini ketika kita akan melakukan pemesanan untuk jumlah banyak.

2. Adjoining Room dan Connecting Room

Kedua jenis kamar ini adalah tipe kamar yang bersebelahan dan sangat cocok bagi rekan-rekan yang bepergian bersama keluarga dan menginginkan kammar yang bersebelahan. Yang membedakan diantara keduanya adalah dimana Adjoining Room adalah dua kamar yang bersebelahan yang hanya terpisahkan dinding sedangkan Connecting room memiliki pintu tersendiri untuk menghubungkan antara kedua kamar tersebut.

3. Gourmet

Kata ini diserap dari bahasa perancis yang berarti masakan bercita rasa tinggi yang di sajikan secara eksklusif dan artistik. Beberapa hotel kelas atas dan resort biasanya memiliki pelayanan yang memiliki standar internasional ini.

4. Butler

Pernahkah rekan-rekan mengharapkan seorang pelayan pribadi setia ketika berkunjung ke hotel? Butler adalah salah satu profesi pelayanan all in one yang akan terus memanja kita mengenai apapun keperluan kita. Mulai dari mengatur kedatangan, kamar, dan bahkan permintaan-permintaan khusus lainnya yang berkaitan dengan penggunaan fasilitas hotel.

5. Hotelier

Ada banyak orang yang salah pemahaman bahwa Hotelier adalah sebuah profesi umum bagi orang yang bekerja di hotel. Sebenarnya, hotelier adalah orang-orang yang berada pada posisi eksekutif dalam sebuah hotel. Biasanya mereka adalah sekumpulan komisaris dan general manager. Hotelier biasanya menggunakan black jacket (jas hitam berdasi) pada saat bekerja di area hotel yang membedakan mereka dengan staff hotel lainnya yang hanya menggunakan seragam.

6. Concierge

Kata ini juga diambil dari bahasa Perancis yang berarti orang yang membantu tamu dalam mengurus tas dan barang bawaan yang dibawa oleh tamu. Selain itu, concierge juga mengatur reservasi untuk excursion dan pemesanan transportasi seperti taksi, kereta, pesawat, dan sebagainya.

7. Excursion

Istilah ini adalah sebetulnya pelayanan ekstra dari Hotel yang menjual paket perjalanan dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama. Tamu-tamu hotel dapat memilih aktivitas dan tujuan wisata di kawasan sekitar hotel tersebut.

8. Sommelier

Posisi ini biasanya hanya terdapat di beberapa hotel yang menawarkan winery list kepada tamunya. Sommelier adalah orang yang akan selalu siap dalam berkonsultasi mengenai wine dan sejenisnya.

9. Buffet dan A La Carte

Ketika kita ingin bersantap di restoran dalam sebuah hotel, pihak hotel biasanya memiliki dua jenis penyajian yaitu buffet dan A La Carte. Penyajian secara buffet biasanya berbentuk makanan siap saji yang sudah disiapkan di atas meja counter sehingga pengunjung dapat langsung mengambil makanan dan minuman yang diinginkannya dan membawa langsung ke meja makan. A La Carte sendiri berbeda dengan Buffet dimana pelayan akan membawakan menu dan kita dapat memesan sesuai dengan apa yang kita inginkan.