Beranda Atraksi Wisata Harmoni di Kampung Toleransi Bandung

Harmoni di Kampung Toleransi Bandung

474
Kampung Toleransi di Gg. Ruhana, Kelurahan Paledang, Bandung.

Beberapa tahun ke belakang, toleransi telah menjadi sebuah masalah yang mengganggu harmoni bermasyarakat di Indonesia. Hal itulah yang kemudian melatarbelakangi pencanangan Kampung Toleransi di beberapa daerah, termasuk di Bandung.

Hingga saat ini, ada dua lokasi yang telah dicanangkan sebagai Kampung Toleransi di Bandung. Kawasan pertama berada di RW 04, Kelurahan Jamika yang telah diresmikan pada bulan Agustus tahun lalu. Selang beberapa lama kemudian, Kampung Toleransi ke-2 yang terletak di Gg. Ruhana, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong pun ikut diperkenalkan ke publik. Alasan dipilihnya dua kawasan tersebut adalah karena kerukunan warganya yang juga tercermin dalam rumah ibadah dari berbagai agama yang berdiri berdampingan.

Masjid dan Vihara yang berdampingan di Kampung Toleransi Paledang, Bandung.

Namun, ada sedikit perbedaan antara dua Kampung Toleransi yang sudah diresmikan di Bandung. Dibandingkan dengan Kampung Toleransi di Kelurahan Jamika, Kampung Toleransi Paledang lebih mencolok dari segi fisik. Dari sejak gapura masuk, setiap dinding rumahnya berlukiskan gambar dan pesan-pesan mengenai toleransi antar sesama, sementara di bagian atasnya dihiasi dengan payung warna-warni. Bila Anda terus berjalan hingga ke ujung gang, Anda akan menemukan sebuah masjid yang berdiri persis di sebelah sebuah vihara. Saat warga dengan masing-masing agamanya merayakan hari besarnya, maka yang lain akan menghormatinya.

Baca juga: Kampung Warna Cibunut, Kampung Wisata yang Instagrammable di Bandung

Baca juga: Jalan-jalan ke Kampung Pelangi 200 di Bandung

Karena daya tarik visual yang dimilikinya, tak sedikit warga dan wisatawan yang sedang berkunjung ke Bandung pun mampir ke Kampung Toleransi Paledang. Tertarik juga merasakan langsung suasana di Kampung Toleransi Paledang? Anda dapat menggunakan Jl. Lengkong Kecil untuk sampai di Gg. Ruhana. Bagi Anda yang datang dari arah Alun-Alun Bandung, lokasi kampung ini ada di sebelah kanan jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here