Beranda Kuliner Es Sekoteng Bungsu 29, Dessert Segar Legendaris yang Laris Manis di Bandung

Es Sekoteng Bungsu 29, Dessert Segar Legendaris yang Laris Manis di Bandung

95
Es Sekoteng Bungsu 29

Di beberapa kota besar di Indonesia, nama “Jl. Veteran” hampir selalu ada menghiasi salah satu sudut kota. Penamaan jalan tersebut banyak dilakukan untuk menghormati para veteran perang yang telah berjuang mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia. Di Bandung sendiri, Jl. Veteran membentang dari perempatan Jl. Lembong-Jl. Sumatera-Jl. Tamblong hingga pertemuan jalan di Jl. Jend. Ahmad Yani. Namun sebelum menjadi Jl. Veteran, jalan tersebut dulunya bernama Jl. Bungsu yang terdapat Rumah Sakit Bungsu di dalamnya. Dari Jl. Bungsu itulah lahir sebuah kedai dessert segar legendaris bernama Es Sekoteng Bungsu. Sejak mulai berjualan pada tahun 1962, Es Sekoteng Bungsu 29 selalu menjadi salah satu jajanan yang laris manis di Bandung.

Sekoteng atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Pacar Cina’ atau ‘Mutiara Merah’ merupakan makanan yang terbuat dari tepung tapioka dan berwarna merah. Biasanya Sekoteng ini memang cukup banyak ditemukan di beragam tipe hidangan pencuci mulut tradisional di Indonesia, seperti di kolak, es doger, dan es goyobod. Namun tentunya, makanan manis bulat-bulat ini mendapatkan porsi yang lebih banyak dalam semangkuk Es Sekoteng. Khusus untuk Es Sekoteng Bungsu 29, rasa manis yang terdapat dalam setiap sendoknya memiliki keunikan cita rasa yang dijamin tidak menyebabkan batuk, karena tidak menggunakan pemanis buatan, serta prosesnya pengolahannya yang cukup lama. Di samping porsi besar sekoteng, dalam satu mangkuk Es Sekoteng Bungsu 29 juga terdapat irisan alpukat, kelapa muda, dan kolang-kaling. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk dapat menikmatinya, karena harga untuk satu porsinya hanya dikenakan Rp18.000 saja.

Tak hanya memiliki cita rasa yang lezat, Es Sekoteng Bungsu 29 ini juga memiliki tempat yang nyaman dan instagrammable. Pemiliknya yang juga adalah generasi ke-2 dari pendiri Es Sekoteng Bungsu 29, yakni Ibu Susi, merupakan penggemar berat musik rock. Hampir seluruh dinding di kedainya pun dihiasi oleh foto dari musisi-musisi rock legendaris ternama dunia, seperti Queen, The Rolling Stones, Guns N’ Roses, dan The Beatles. Selain itu, beliau sendiri merupakan musisi rock yang masih cukup sering manggung di beberapa tempat di Bandung.

Suasana di dalam kedai Es Sekoteng Bungsu 29

Sesuai dengan namanya, Es Sekoteng Bungsu 29 ini beralamat di Jl. Veteran No. 29, Bandung. Di samping es sekoteng, tempat ini juga menyediakan bakso tahu sebagai makanan berat yang bisa disantap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here