Beranda Seni Urban Cupumanik, Wayang Golek Bandung yang Menembus Daratan Asia dan Eropa

Cupumanik, Wayang Golek Bandung yang Menembus Daratan Asia dan Eropa

584
Wayang Golek Cupumanik Bandung

Dalam kisah pewayangan, Cupumanik dikenal sebagai sebutan bagi wadah bundar berhiaskan permata yang indah. Istilah tersebut yang kemudian menginspirasi alm. Herry Hermawan untuk mendirikan sebuah galeri wayang golek dengan nama Cupumanik di Bandung pada tahun 1980 dengan mengumpulkan para pengrajin wayang dari Purwakarta. Puluhan tahun berselang, kini nama Cupumanik telah dikenal sebagai pembuat wayang ternama yang bahkan produknya telah menembus berbagai negara di daratan Asia dan Eropa.

Salah Seorang Pengrajin Wayang Golek di Galeri Cupumanik

Dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kota Bandung dan Kota Namur di Belgia pada Oktober 2017 lalu, Wayang Golek Cupumanik ini adalah salah satu produk unggulan yang diperkenalkan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil kepada Walikota Namur, Maxime Prevot. Salah satu hal yang dibahas dalam acara tersebut menyangkut tempat khusus untuk mempromosikan produk-produk kreatif dari Kota Bandung. Jadi nantinya, produk Wayang Golek Cupumanik  ini sudah dapat dijumpai dalam sebuah toko bernama “Alun-Alun Indonesia” di Belgia. Sebelum Belgia, Cupumanik telah terlebih dahulu melakukan pameran di Belanda, India, Jepang, serta beberapa negara besar lainnya di dunia.

Di Bandung sendiri, Anda dapat langsung membeli Wayang Golek Cupumanik ini di galerinya yang berlokasi di Jl. H. Akbar No. 10. Letaknya memang tidak dapat langsung terlihat dari jalan raya, karena posisi akses jalan ke galeri tersebut merupakan sebuah jalan kecil yang berada di salah satu sisi Jl. Kebon Kawung. Walaupun begitu, tidak terlalu sulit untuk dapat menemukan galeri tersebut. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang berada tak jauh dari Stasiun Bandung. Area tersebut pun cukup populer sebagai pusat jajanan dan oleh-oleh bagi wisatawan.

Tak hanya wayang golek, di Galeri Cupumanik ini juga Anda dapat membeli produk wayang kulit, serta aneka kerajinan tangan lainnya. Mulai dari tas dan dompet anyaman, miniatur angklung, serta beragam karya unik lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh ataupun material penghias rumah saat pulang nanti.

Bagi Anda yang masih bingung ingin membeli tanda mata saat bertandang ke Bandung, langsung saja meluncur ke Galeri  Cupumanik pada hari senin-jumat pada pukul 08.00-16.00 WIB.  Untuk kunjungan pribadi, tidak akan dipungut biaya sedikitpun, namun untuk kunjungan rombongan, Anda akan dikenakan biaya mulai dari Rp35.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan sebuah praktek membuat wayang kecil yang Anda langsung kerjakan sendiri dan kemudian dapat dibawa pulang.

Tautan Artikel : http://yourbandung.com/cupumanik-wayang-golek-bandung-yang-menembus-daratan-asia-dan-eropa/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here