Beranda Acara Bioskop Harewos, Sinema Eksklusif bagi Sahabat Netra di Bandung

Bioskop Harewos, Sinema Eksklusif bagi Sahabat Netra di Bandung

210
Suasana Saat Bioskop Harewos Berlangsung (12/8).

Sahabat netra, begitulah sebutan untuk para penyandang tunanetra dan low vision dalam sebuah event bertajuk “Bioskop Harewos” di Bandung. Secara bahasa, ‘harewos’ yang berasal dari Bahasa Sunda memiliki arti ‘berbisik’. Sesuai dengan namanya, Bioskop Harewos menghadirkan sebuah sinema ekslusif yang diperuntukkan bagi para difabel netra untuk dapat menikmati film dengan cara dibisikkan ceritanya oleh relawan visual reader terpilih.

Ide Bioskop Harewos merupakan adaptasi dari Bioskop Bisik yang sebelumnya diadakan terlebih dahulu di Jakarta. Dengan keberadaan gerakan sosial ini, asyiknya menonton film dapat juga dirasakan oleh para penyandang disabilitas netra di sekitar kita.

Pada penyelenggaraan hari Minggu (12/7), Bioskop Harewos telah berlangsung tujuh kali dan rutin digelar setiap tiga bulan sekali. Untuk venue-nya sendiri, Bioskop Harewos bekerja sama dengan manajemen NuArt Sculture Park yang memang memiliki fasilitas ruangan audio visual yang cukup memadai. Bila pada edisi sebelumnya film yang ditayangkan adalah film horror, maka edisi kali ini film yang dipilih bertemakan drama percintaan yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra yakni Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Salah Seorang Relawan Visual Reader Membisikkan Jalan Cerita Kepada Sahabat Netra.

Tak hanya aktivitas menonton film, kegiatan Bioskop Harewos juga diisi oleh berbagai agenda yang bertujuan untuk mencairkan suasana dan memunculkan kedekatan antara sahabat netra dan relawan visual reader. Mulai dari penjemputan sahabat netra di Yayasan Wyata Guna, sesi perkenalan, hingga aneka game seru yang diadakan. Interaksi yang terjalin antara sahabat netra dan visual reader tersebut diharapkan dapat menjadi ikatan persahabatan yang juga berlangsung di luar acara.

Tertarik merasakan serunya menjadi visual reader bagi sahabat netra? Anda dapat mendapatkan informasi lengkap mengenai penyelenggaraan Bioskop Harewos selanjutnya di Instagram @bioskopharewos.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here