Beranda Atraksi Wisata Berwisata Sambil Belajar di Taman Sejarah Bandung

Berwisata Sambil Belajar di Taman Sejarah Bandung

544

“Jangan sekali-kali melupakan sejarah”, begitu tutur Bung Karno dalam salah satu pidatonya. Kota Bandung yang sudah mencatat sejarah selama 200 tahun lebih pun enggan bila generasi baru yang tinggal di dalamnya tak mengenal cerita masa lalu yang dimilikinya. Oleh karena itu, semenjak 21 Januari lalu Kota Bandung resmi memiliki Taman Sejarah yang dapat dikunjungi dengan cuma-cuma, agar generasi muda kota ini dapat belajar sambil berwisata di dalamnya.

tamansejarah-04
Info Grafis Taman Sejarah

Tahukah Anda siapa Walikota pertama Kota Bandung? Mungkin tak banyak orang yang tahu bahwa walikota pertama kita adalah seorang Belanda bernama Bertus Coops. Cerita mengenai Walikota Bertus Coops ini kini dapat dibaca di Taman Sejarah Bandung. Tentunya tak hanya cerita tentang beliau saja yang bisa didapat dari Taman Sejarah Bandung, cerita mengenai para Walikota penerusnya hingga Walikota Ridwan Kamil tersaji dengan baik melalui infografis yang tersedia pada dinding-dinding kaca yang dipasang di salah satu sudutnya.

tamansejarah-02
Relief di Taman Sejarah

Tak jauh dari lokasi infografis mengenai Walikota Bandung, terdapat relief yang menceritakan mengenai keluarga Wiranatakusumah yang secara lintas generasi pernah menjabat sebagai Bupati Bandung yang turut serta mendirikan dan membangun Kota Bandung. Relief ini terukir tepat di dinding bangunan yang sebelumnya merupakan Gedung DPRD Kota Bandung. Rencananya di dalamnya akan dibuat Bandung Planning Gallery yang berisikan rancangan masa depan Kota Bandung.
Taman Sejarah Bandung ini tak hanya menjadi sarana informasi sejarah Kota Bandung, tapi juga menjadi ruang publik yang juga dapat dinikmati siapapun yang mengunjunginya. Oleh Karena itu, di salah satu bagiannya terdapat sebuah kolam dan area yang cukup rindang untuk digunakan untuk bersantai di waktu senggang.

tamansejarah-03
Kolam bermain

Untuk dapat mengunjungi Taman Sejarah Bandung ini, Anda dapat memasukinya melalui pintu masuk Balai Kota Bandung yang terletak di Jl. Wastukencana No.2 atau area masuk yang berada di Jl. Aceh. Taman Sejarah Bandung terbuka untuk umum selama 24 jam, khusus bagi Anda yang ingin mengenal Kota Bandung dengan lebih dekat.

Baca juga: Taman Badak dan Taman Dewi Sartika Bandung Kini Tampil dengan Wajah baru

Baca juga: Alun-Alun Regol Resmi Menjadi Taman Terpanjang di Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here