Beranda Atraksi Wisata Berkunjung ke Kampung Wisata Quran di Bandung

Berkunjung ke Kampung Wisata Quran di Bandung

499
Proses pencetakan Al-Quran dapat disaksikan di Syaamil Quran, Bandung (foto: Freepik)
Belanja di toko YourBandung, kuy ^.^

Di kota Bandung, kini wisatawan dapat mengunjungi Kampung Wisata Quran yang merupakan hasil kolaborasi Pemerintah kota Bandung dengan Syaamil Quran dan Sygma Group. Kampung wisata yang baru diresmikan pada hari Senin (12/8) kemarin oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Yana Mulyana ini, berlokasi di Jalan Babakan Sari I No. 71, Kecamatan Kiaracondong, Bandung. 

Di sini para wisatawan dapat memperoleh penjelasan mengenai bagaimana proses pembuatan Al-Quran. Mulai dari memperkenalkan sejarah Syaamil Quran, bagaimana Syaamil berusaha memenuhi kebutuhan Al-Quran dengan membuat produk sesuai segmentasi dan kebutuhan untuk memudahkan masyarakat memahami Al-Quran. Hal ini sejalan dengan tagline Syaamil, yaitu “Bersama Syaamil Quran, belajar dan memahami Al-Quran jadi mudah dan menyenangkan”. Selain itu, wisatawan juga akan diceritakan mengenai sejarah penulisan Al-Quran.

Setelah itu wisatawan akan mengunjungi ruang kreatif tempat Al-Quran ini dibuat yang terbagi dalam beberapa bagian, yaitu layout naskah Al-Quran, pemeriksaan khat/tulisan Al-Quran serta proses pembuatan gambar-gambar kartun untuk keperluan buku-buku cerita islami. Sesudah melalui proses QC (Quality Control), kemudian naskah Al-Quran ini akan naik cetak. 

Selanjutnya wisatawan akan dibawa untuk mengunjungi tempat produksi. Pada bagian ini Al-Quran dicetak dengan tiga mesin besar 4 warna yang mempunyai kecepatan 9.000 (sembilan ribu) lembar per jam. Setelah itu wisatawan diajak untuk menyaksikan proses melipat, menjahit, pembuatan cover, hingga proses packing dan siap didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Wisata Quran ini terbuka untuk umum, mulai dari pelajar TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa hingga komunitas dan kelompok-kelompok pengajian. Namun, Wisata Quran ini hanya dibuka pada setiap hari Rabu dan Kamis dan minimal membawa 25 orang peserta.  Bagi wisatawan yang ingin mengikuti Wisata Quran ini, diharapkan mengirim surat atau e-mail (online) permohonan kunjungan terlebih dahulu untuk menyesuaikan jadwal agar tidak bentrok dengan yang kelompok wisatawan yang lain.

Selain berkaitan dengan kegiatan wisata, Kampung Wisata Quran hadir sebagai upaya untuk mewujudkan kota Bandung yang agamis. Oleh karena itu, Kecamatan Kiaracondong juga meluncurkan program Lingkungan Cinta Alquran, Kampung Bebas Buta Huruf Alquran, dan Hafiz Quran di setiap kelurahan.

Informasi selanjutnya dapat dilihat di website Syaamil Quran di http://www.syaamilquran.com.

Baca juga: Berkunjung ke Sentra Keramik Kiaracondong di Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here