Beranda Atraksi Wisata Berendam Air Panas Langsung Dari Sumbernya di Kawah Rengganis Bandung

Berendam Air Panas Langsung Dari Sumbernya di Kawah Rengganis Bandung

1040
Pemandian Alam Air Panas Kawah Rengganis Ciwidey

Bila Anda berkesempatan untuk jalan-jalan ke Jepang, salah satu aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan adalah bersantai sambil melepas penat dengan berendam di onsen.  Onsen merupakan pemandian air panas khas Jepang yang terletak di alam terbuka dengan kolam-kolam yang terbuat dari bebatuan.  Namun tak kalah dengan Jepang, Bandung pun memiliki beberapa onsen yang juga banyak digemari wisatawan untuk dikunjungi saat liburan. Salah satunya adalah Kawah Rengganis yang terletak di kawasan perkebunan teh Cibuni, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Objek wisata Kawah Rengganis ini sebenarnya sudah ada cukup lama, namun baru beberapa tahun ke belakang menjadi sangat terkenal karena dipromosikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil di akun instagram miliknya tahun 2016 silam. Lokasinya sekitar 52km dari pusat Kota Bandung, melewati objek wisata Situ Patenggang.

Kawah Rengganis yang Asri

Untuk mencapai Kawah Rengganis, kita bisa memakai roda dua maupun roda empat. Cukup ikuti saja rute untuk mencapai Situ Patenggang. Nanti akan ada papan petunjuk yang mengarahkan kita ke sisi kiri jalan untuk menuju Kawah Rengganis. Saat ini sudah ada papan petunjuk cukup besar yang dipasang di pinggir jalan untuk menunjukkan lokasi parkir mobil pengunjung Kawah Rengganis, jadi objek wisata ini tidak akan terlewat. Pengendara mobil harus memarkirkan mobilnya di tempat yang sudah tersedia dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menyewa ojek khusus. Sedangkan pengemudi motor bisa melanjutkan perjalanan sampai lokasi dengan sepeda motornya. Meskipun begitu, pengendara motor tetap harus berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan jalan licin dan berbatu.

Saya sangat menyarankan semua yang akan mengunjungi lokasi ini untuk berjalan kaki menyusuri jalan menuju Kawah Rengganis. Jarak yang ditempuh hanya sekitar 1 km (kurang lebih 20 menit) dan semua rasa lelah terbayarkan oleh indahnya pemandangan perkebunan teh Rancabali dan Cibuni.

Tiket masuk untuk awal tahun 2018 ini adalah Rp 20.000/orang. Kalau ingin menggunakan fasilitas saung yang ada di dalam area pemandian air panas, kita harus membayar lagi sekitar Rp 15.000-Rp 20.000/saung. Harga bisa ditawar kok! Jangan lupa gunakan bahasa Sunda/Indonesia yang halus dan sopan ketika menawar. Sedangkan untuk fasilitas lainnya seperti toilet, kita tidak perlu membayar lagi. Mushola pun sudah tersedia lengkap dengan berbagai perlengkapan ibadahnya. Walaupun semuanya masih terlihat seadanya, kondisinya bersih dan wangi.

Pemandian ini terdiri dari 3 area. Area pertama di bagian paling atas adalah kawah-kawah dengan uap sangat panas dan pemandian lumpur. Kita diharuskan untuk membayar Rp 10.000/orang untuk dapat menikmati mandi lumpur. Tapi kalau mau lihat-lihat saja juga diperbolehkan. Area kedua adalah air terjun yang airnya sangat jernih dan dingin. Area ketiga adalah area pemandian air panas. Terdiri dari dua kolam besar dan satu kolam kecil. Air panas disini dihasilkan dari campuran antara aliran air dari air terjun dan sungai yang mengalir menuju sumber uap panas belerang. Aliran air tersebut dibendung dalam sebuah kolam kecil dan dialirkan kembali menuju kolam air panas dengan pipa besar. Di kedua kolam besar ini pun kita dapat melihat gelembung-gelembung air yang dihasilkan dari uap panas di dasar kolam. Benar-benar asli dari sumbernya!

Kolam ini bebas dinikmati kapan saja karena buka selama 24 jam. Hanya saja kita harus berhati-hati ketika berkunjung pada malam hari karena jalan menuju kawah sangatlah gelap dan berbahaya. Disarankan untuk datang di pagi hari atau sore hari sebelum matahari terbenam. Air panas dengan kandungan belerang aktifnya sangat bagus untuk menyegarkan tubuh yang lelah dan menyehatkan kulit. Tentunya setelah letih berwisata seharian di daerah Ciwidey, tidak ada salahnya mencoba menikmati berendam di Kawah Rengganis, sambil memandang rimbunnya pepohonan dari bukit yang mengelilingi kawah ini. Selamat berlibur!

Baca juga: http://yourbandung.com/5-cara-seru-menghabiskan-liburan-di-ciwidey-bandung/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here