Beranda Berita Bandung International Arts Festival Kembali Digelar Pekan Ini

Bandung International Arts Festival Kembali Digelar Pekan Ini

809

Akhir pekan ini, event akbar Bandung International Arts Festival (BIAF) kembali digelar. Acara yang telah berlangsung untuk keempat kalinya tersebut diselenggarakan atas kerja sama Masyarakat Seni Rakyat Indonesia (MaSRI) dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, serta UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat.

Untuk gelaran tahun ini, dengan mengusung tema “Seni, Doa, dan Alam”, agenda Bandung International Arts Festival akan berlangsung selama 27-29 Juli 2018 di berbagai ruang publik di bandung, seperti di Gedung Pengembangan Pusat Kebudayaan, Babakan Siliwangi, Curug Batu Templek, Cikapundung River Spot, dan Car Free Day dago. Acara Bandung International Arts Festival 2018 ini melibatkan pengisi acara yang berasal dari 11 daerah Kota/Kabupaten Provinsi (Indonesia) dan 10 Negara dengan beragam latar keseniannya.

Adapun untuk acara yang digelar di Car Free Day Dago Minggu (29/7) pagi, nantinya akan melibatkan 2.500 penari untuk melakukan tarian massal. Salah satu tarian yang dipertontonkan adalah Tari Lagu daun Pulus Keser Bojon. Tarian ini merupakan karya masterpiece dari seniman Gugum Gumbira Tirasonjaya yang lahir pada tahun 1982.

Untuk alasan pemilihan temanya sendiri yakni “Seni, Doa dan Alam” adalah untuk mengingatkan bahwa doa dan alam merupakan bagian tak terpisahkan dari seni tradisi agraris yang kental dengan nilai-nilai spiritualitasnya. Ke depannya, dengan acara Bandung International Arts Festival ini diharapkan dapat meningkatkan gairah kreativitas kesenian tradisi untuk bangkit dari keterpurukan dan mengangkat kembali kearifan lokal budaya dan sumber daya alam.

Bagi Anda yang hendak menyaksikan berbagai agenda acara yang ditampilkan oleh Bandung International Arts Festival, berikut ini kami informasikan jadwal lengkap sebagai referensi.

 

27 Juli 2018
Gedung Pusat Pengembangan Kebudayaan (PPK)/YPK
Jl. Naripan No. 7-9
14.00-18.00 WIB

28 Juli 2018
Cikapundung River Spot
Jl. Dr. Ir. Sukarno
15.00-23.00 WIB

29 Juli 2018
Car Free Day Dago
Jl. Ir. H. Djuanda
06.30-08.30 WIB

Gedung Pusat Pengembangan Kebudayaan (PPK)/YPK
Jl. Naripan No. 7-9
14.00-18.00 WIB

Curug Batu Templek
Cisanggarung Lebak, Pasir Impun
15.00 WIB-23.30 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here