Beranda Gaya Hidup Asyiknya Berkuda dan Memanah dalam Wisata Spiritual di Daarus Sunnah Equestrian Bandung

Asyiknya Berkuda dan Memanah dalam Wisata Spiritual di Daarus Sunnah Equestrian Bandung

1496
Akivitas Berkuda di Daarus Sunnah Equestrian Bandung

Dalam sebuah hadits shahih Bukhari Muslim, Rasulullah S. A. W bersabda “ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” Hal itulah yang kemudian memdorong dai kondang K. H. Abdullah Gymnastiar kemudian mendirikan sebuah tempat bernama Daarus Sunnah Equestrian. Walaupun kiini baru dapat memfasilitasi aktivitas berkuda dan memanah, Daarus Sunnah Equestrian sudah sangat populer sebagai salah satu tujuan wisata spiritual di Bandung. Alasan tempat ini disebut sebagai wisata spiritual, adalah karena pengunjung yang datang tak hanya sekedar berkeliling naik kuda ataupun melepaskan anak panah, namun ada pelajaran tentang kehidupan dalam kegiatan ini yang disampaikan dalam setiap sesinya.

Berbeda dengan tempat wisata berkuda yang kebanyakan sudah terlebih dulu ada di Bandung, Daarus Sunnah Equestrian mengajarkan pengunjung untuk menunggangi kudanya sendiri tanpa dituntun. Mulai dari mengenal karakter masing-masing kuda, hingga cara mengendalikannya dijelaskan dan dipraktekkan dengan sangat baik oleh pelatih. Masing-masing orang kemudian dapat mulai mencoba menunggangi kudanya secara mandiri selama satu sesi yang setara dengan 30 menit. Sama halnya dengan berkuda, aktivitas di area memanah pun akan mendapatkan pelatihan intensif selama 30 menit untuk satu sesi.

Aktivitas Memanah di Daarus Sunnah Equestrian Bandung

Anda dapat mengunjungi Daarus Sunnah Equestrian di dalam kawasan Eco Pesantren Daarut Tauhid yang terletak di Jl. Cigugur Girang No. 33, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Namun, saat berkunjung, Anda tidak dapat langsung melakukan aktivitas berkuda dan memanah, karena Anda diwajibkan untuk melakukan pemesanan sesi terlebih dahulu pada hari sebelumnya. Walaupun kedua aktivitas ini memang merupakan olahraga Sunnah dari agama Islam, akan tetapi setiap sesi yang digelar di Daarus Sunnah Equestrian terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar berkuda maupun memanah.

Panduan Sebelum Mulai Berkuda di Daarus Sunnah Equestrian Bandung

Untuk tarif setiap sesinya, baik itu berkuda maupun memanah, Daarus Sunnah Equestrian memasang tarif Rp150.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk mendapatkan coffee break dan makan siang. Bila sudah mendapatkan sesi di kelas dasar, Anda dapat melanjutkan ke sesi lanjutan yang terdiri dari 4 kali latihan dengan harga paket Rp300.000/orang. Setelah cukup mahir, Anda bisa mengikuti paket tracking sejauh 10 Km ke Perkebunan Teh Sukawana Lembang dengan harga paket yang juga sebesar Rp300.000/orang. Secara keseluruhan, Daarus Sunnah Equestrian sendiri kini memiliki 30 ekor kuda yang didapat dari pembelian dari berbagai tempat, termasuk di antaranya dari Garut, Semarang, dan Tangerang Selatan.

Ke depannya, diharapkan pengunjung yang telah mengikuti sesi berkuda dan memanah di sini dapat belajar mengenai kepemimpinan, serta fokus dan bersungguh-sungguh terhadap tujuan yang ingin dicapai. Bagi anda yang tertarik mengikuti sesi di Daarus Sunnah Equestrian, Anda dapat melakukan pemesanan melalui nomor telepon 0813 2000 8102. Dapatkan juga program khusus selama bulan Ramadan yakni ‘One Juz One Session”. Dengan melakukan tilawah Al-Quran sebanyak satu juz, maka Anda bisa mengikuti gratis satu sesi berkuda atau memanah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here