Beranda Atraksi Wisata Alun-Alun Regol Resmi Menjadi Taman Terpanjang di Bandung

Alun-Alun Regol Resmi Menjadi Taman Terpanjang di Bandung

1589
Walikota Bandung Ridwan Kamil Meresmikan Alun-Alun Regol

Setelah keberadaan Cikapundung River Spot dan Teras Cikapundung, kini Kota Bandung kembali memiliki taman baru yang juga dibangun di bantaran sungai Cikapundung, tepatnya di kawasan Pasirluyu Selatan, Kecamatan Regol. Oleh karena itu, taman tersebut dinamakan Alun-Alun Regol. Alun-Alun Regol ini juga sekaligus resmi menjadi taman terpanjang di Bandung dengan panjang mencapai 1 Km.

Pengunjung Anak-Anak Bermain di Kolam Alun-Alun Regol

Komponen yang paling mencolok dari Alun-Alun Regol ini adalah beberapa kolam dangkal untuk tempat bermain anak. Konsep ini memang bukan hal baru di Bandung, karena sebelumnya terdapat pula beberapa taman yang dilengkapi fasilitas seperti itu, di antaranya Taman Dewi Sartika dan Taman Sejarah di Balai Kota. Namun, yang menjadikan kolam di Alun-Alun Regol lebih istimewa, adalah jumlah kolam yang disediakan jauh lebih banyak, sehingga anak-anak tak harus berdesakan karena berebut tempat.

Alun-Alun Regol yang Penuh Dengan Warna

Secara visual, rancangan Alun-Alun Regol ini sangat mirip dengan taman-taman yang ada di balai kota. Mulai dari dominasi bentuk-bentuk yang melengkung, hingga jenis tanaman yang ditanaminya. Selain itu, di ujung utara alun-alun terdapat sebuah tanda bertuliskan BBWS Citarum, persis sama dengan yang berada di Teras Cikapundung Jl. Siliwangi Bandung yang menandakan bahwa Sungai Cikapundung ini merupakan bagian dari Balai Besar Wilayah Sungai Citarum, karena nantinya aliran air akan bermuara di Sungai Citarum.

Alun-Alun Regol merupakan Bagian dari BBWS Citarum

Pembangunan Alun-Alun Regol sendiri merupakan bagian dari proyek revitalisasi Sungai Cikapundung yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung. Dalam peresmian yang dilakukan pada Rabu (7/2), Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan bahwa upaya revitalisasi ini merupakan komitmen yang akan terus dijalankan untuk mewujudkan Citarum yang bersih, dimulai dari pembersihan dan perapihan anak-anak sungainya.

Dari total 1 Km panjang Alun-Alun Regol, baru sekitar 600 meter saja yang telah selesai dikerjakan dan sudah dapat digunakan seluruh fasilitasnya oleh warga, untuk sisanya, akan dilanjutkan pada tahap berikutnya. Untuk pengelolaan taman, Pemerintah Kota Bandung mempercayakannya kepada paguyuban yang dibentuk dari forum warga sekitar.

Bagi Anda yang ingin mencoba jalan-jalan dan rekreasi di Alun-Alun Regol ini, Anda dapat langsung mengunjunginya melalui Jl. Pasirluyu hingga nantinya sampai di Jl. Pasirluyu Selatan, ataupun dapat juga melalui Jl. Suryalaya. Namun, hal utama yang perlu diingat saat berkunjung ke sini adalah selalu menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan, demi masa depan Cikapundung dan Citarum yang bersih, serta nyaman bagi semua.

Tautan Asli Artikel : http://yourbandung.com/alun-alun-regol-resmi-menjadi-taman-terpanjang-di-bandung/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here