Beranda Bandung Kota 7 Hal yang Membuat Bandung Menjadi “Walkable City”

7 Hal yang Membuat Bandung Menjadi “Walkable City”

635

“Bandung Rasa Eropa, livable city is walkable city”, begitu ucap Walikota Bandung Ridwan Kamil melalui salah satu postingan di akun instagramnya. Memang pemberdayaan ruang publik menjadi salah satu program yang terus diberdayakan oleh pria yang akrab disapa Kang emil ini. Memasuki tahun 2017 ini, ada beberapa fasilitas publik baru yang semakin membuat aktivitas jalan-jalan di Kota Bandung menjadi sangat menyenangkan. Yuk simak 7 hal yang bikin Bandung jadi walkable city :

1. Friendly Sidewalk

Berbagai trotoar di Kota Bandung kini telah dibuat lebih lebar dan bersih dari PKL. Beberapa ruas jalannya pun sudah ditambahkan dengan bangku-bangku yang dapat digunakan untuk beristirahat. Beberapa trotoar yang bentuknya sudah ditransformasi menjadi lebih nyaman adalah Jl. Dago, Jl. Riau, Jl. Sudirman dan Jl. Ahmad Yani.

walkablebandung-03
Bangku di area pedestrian

2. Wisata Pendopo

Ingin jalan-jalan dan berfoto bersama Kang Emil di Pendopo Walikota Bandung? Sekarang Pendopo Walikota Bandung telah dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi setiap hari Sabtu dan Minggu mulai dari pukul 09.00-12.00 WIB dan pukul 13.30-16.00 WIB.

Baca juga: Berkunjung Ke Pendopo Walikota Bandung

Pendopo Bandung
Pendopo Bandung

3. Pedestrian Jalan Cibadak

Kini Bandung memiliki pedestrian baru di Jl. Cibadak yang terkenal dengan nuansa Pecinan/China Town. Tak hanya penggunaan material jalanannya yang telah diubah, puluhan lampu bergaya Eropa seperti yang sudah terpasang di Jalan Asia Afrika pun kini menghiasi ruas jalan yang satu ini. Untuk menikmati suasana pedestrian di Jl. Cibadak ini, Anda dapat mengunjunginya pada malam hari sambil menikmati berbagai sajian street food yang lezat.

Baca juga: Jalan-Jalan Malam di Pedestrian Jalan Cibadak Bandung

walkablebandung-02
Cibadak

4. Zebra Cross Unik

Ular tangga di ruas jalan kota? Bandung kini memiliki berbagai desain unik untuk penyeberangan jalan. Selain ular tangga, terdapat desain permainan “engkle”, seruling bambu dan alat musik angklung. Tak hanya desainnya saja yang baru, sebuah tombol yang berfungsi untuk menghentikan kendaraan pada jalan satu arah pun kini disediakan bagi pejalan kaki untuk lebih mudah menyeberang jalan.

walkablebandung-05
Zebra cross

5. Taman Ahmad Yani

Terletak tak jauh dari kawasan perbelanjaan Kosambi Bandung, taman ini banyak disukai dengan kehadiran pilar warna-warni yang cantik. Saat sore hari, taman ini sering digunakan oleh anak-anak untuk bermain Inline Skate. Dan bila malam hari tiba, cahaya yang berasal dari dalam pilar-pilar tersebut akan menyala dengan indah.

walkablebandung-09
Taman Ahmad Yani

6. Teras Cihampelas/ Cihampelas Sky Walk

Semenjak dibangun agustus lalu, kini Teras Cihampelas atau yang lebih banyak dikenal dengan Cihampelas Sky Walk sudah hampir rampung dan akan diresmikan pada akhir bulan Januari 2017. Skywalk yang dibangun di ketinggian 4,6 meter ini membentang di atas Jl. Cihampelas dengan panjang 450 meter dan memiliki kios-kios kecil yang akan diisi oleh berbagai macam produk lokal Bandung.

Bacca juga: Jalan-Jalan dan Belanja di Skywalk Teras Cihampelas Bandung

walkablebandung-07
Skywalk Cihampelas

7. Panduan Wisata YourBandung

Hadir sejak tahun 2014, panduan wisata YourBandung kini bisa didapatkan secara cuma-cuma di lebih dari 80 pick up point yang terdiri dari berbagai hotel dan cafe di Kota Bandung. Selain itu Anda juga bisa mendapatkannya di AA Taksi, Xpress Air dan Jackal Holiday Luxury Shuttle.

walkablebandung-04
YourBandung Free City Guide

Panduan wisata YourBandung memberikan informasi mengenai beragam lokasi menarik yang dapat dikunjungi di Bandung lewat peta yang didesain dengan atraktif. Dengan panduan wisata YourBandung, Anda tak perlu bingung mencari berbagai tempat menarik saat jalan-jalan di Bandung. Dan jangan lupa untuk men-download aplikasi YourBandung di Play Store yang memberikan ulasan lengkap tentang beragam tempat wisata di Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here