Beranda Gaya Hidup 5758 Coffee Lab, Tempat Seru Untuk Belajar Kopi di Bandung

5758 Coffee Lab, Tempat Seru Untuk Belajar Kopi di Bandung

3419

Saya pertama kali datang ke 5758 Coffee Lab pada saat acara diskusi dengan tema “Benarkah Kopi Indonesia Paling Enak?” pada akhir tahun 2016 yang dihadiri oleh para wartawan dan tamu undangan. Adanya acara itu bertujuan untuk mengenalkan 5758 Coffee Lab sebagai tempat belajar bersama kopi dan teh kepada masyarakat luas. Dengan diawali uji cita rasa kopi baik dari Indonesia dan dari negara lain berlanjut dengan kumpul bersama para penikmat kopi.

Ruko dua lantai dibilangan jalan Pinus Raya Barat, Komplek Pondok Hijau Indah, Bandung dipilih sebagai tempat yang tepat untuk bermain sambil belajar kopi. Seperti ruko kebanyakan, lantai satu dibuat untuk coffee shop yang menyajikan berbagai jenis olahan kopi dilengkapi juga beraneka pilihan metode seduh kopi secara manual sering disebut manual brew, interior ruangan yang cantik ditambah alunan musik jazz memberi kesan nyaman pada siapa pun yang datang ke sini.

Lantai dua khusus digunakan untuk tempat belajar, ada meja, kursi dan rak yang menyimpan peralatan praktek dan berbagai jenis sampel kopi. 5758 Coffee Lab sebagai kampus resmi yang bekerjasama dengan Specialty Coffee Association atau asosiasi kopi spesialti kerap membuka berbagai macam kelas baik untuk pemula atau professional seperti kelas Coffee 101, kelas seduh manual, kelas latte art, kelas fine robusta sampai dengan kelas untuk mendapatkan gelar Q Grader.

5758 Coffee Lab

Saya pernah merasakan langsung mengikuti salah satu kelas yang ada di Coffee Lab yaitu Fine Robusta dengan instruktur Mia Laksmi, seorang R Grader yang sudah berpengalaman. Alasan saya ikut kelas ini karena rasa penasaran, di Indonesia sendiri perlakuan akan kopi robusta sering dinomorduakan, beda dengan arabika. Alasan lainnya karena ingin merasakan langsung seperti apa rasanya kopi fine robusta yang hakiki.

Kelas fine robusta dimulai dari pagi sampai sore hari, dengan materi awal bagaimana mengisi cupping form robusta. Mia Laksmi sebagai instruktur berusaha membuat kelas menjadi cair sejak awal perkenalan, dia lebih suka menyebut dirinya sebagai teman bermain tentang kopi. Diawal-awal para peserta kelas akan sedikit merasa bingung dengan teori-teori yang dijelaskan. Tapi, itu tidak akan berlangsung lama, karena pada sesi praktek, rasa bingung itu perlahan akan hilang.

Peserta kelas tidak hanya datang dari Bandung, tapi ada juga dari Jakarta, Surabaya, Yogya, Medan dan kota-kota lainnya. Semua informasi didapatkan lewat akun sosial media resmi dari 5758 Coffee Lab, baik itu facebook dan instagram. Peserta yang mengikuti kelas juga berkesempatan melihat-lihat alat kopi apa saja yang ada di bar. Tidak hanya itu, kalau ingin belajar menyeduh kopi sendiri akan dipandu langsung oleh barista Obiet yang dikenal ramah dan humoris.

Para sesi praktek, para peserta akan mulai mencoba beberapa sampel kopi fine robusta dan mulai memberikan penilaiannya di form cupping robusta. Diawali dengan mencium aroma kering, aroma saat sudah diseduh oleh air sampai mendeteksi rasa apa saja yang dalam secangkir kopi. Semua itu tetap dipandu oleh sang instruktur yang sudah sejak lama jatuh cinta pada kopi robusta.

Kalau suatu waktu kamu ingin membuka kedai kopi atau belajar tentang kopi, kamu bisa mencoba merasakan bermain sambil belajar kopi terlebih dahulu di 5758 Coffee Lab. Kamu pun bisa bertemu dengan Instruktur lain yang merupakan seorang Q Grader pertama Indonesia, yaitu Adi W. Taroepratjeka. Nah, nantinya datang ke Bandung bisa bukan sekedar buat jalan-jalan, tapi juga dapat mencari pengalaman baru lewat kelas kopi di 5758 Coffee Lab.

Tautan Artikel Ini  http://yourbandung.com/5758-coffee-lab-tempat-seru-untuk-belajar-kopi-di-bandung/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here